Tips dan Trick

How To Make A Good Stories According To Mnj’s Authors


tips n trick

Para author MNJFanfiction memiliki cara sendiri nih untuk menghabiskan waktu. Salah satunya adalah melakukan interview kecil-kecilan yang berhubungan banget dengan dunia tulis-menulis fanfiction. Dari kesepuluh pertanyaan ini, mereka menjawab pertanyaan berdasarkan pengalaman dan pendapat mereka masing-masing. Check this out guys, mudah-mudahan pengalaman mereka bisa menjadi tips dan trick untuk readers ataupun author yang lain. Namun sekali lagi, ini hanyalah pendapat mereka. Kesalahan mohon harap maklum ^^

Q : Bagaimana cara mencari ide untuk membuat FF?

minarifini : ‘ide bisa dapet darimana aja , bisa dari drama, mv , lagu , curhatan temen, pengalaman pribadi XD trus malah aku pernah dpt ide ff dari fotonya idol hahah, pernah baca Girl from neverland itu aku dapat ide dari fotonya irene hahah’

ts_sora : ‘ Untuk ide, ada banyak cara untuk cari ide sih, banyak tempat pula haha. Salah satunya kamar mandi, karena bosan di kamar mandi, trs suka ngelamun gitu. Jadi sering dapet di kamar mandi. Tapi karena menonton banyak film, drama atau mv dari berbagai negara misalnya, biasanya jadi ada ide. Atau dengerin lagu juga bisa. Tapi kadang ide spontan itu sering dateng kapan aja, di saat itulah kadang harus ditulis kalo ga, bisa hilang gitu :’)’

vizkylee : ‘Bisa dapat ide biasanya dari melihat MV, Drama / film dan foto-foto terkadang dari kisah nyata seseorang (tetapi jarang).’

SandraChoii : ‘Cara menentukan ide dalam ff cukup bervariasi, mungkin ada beberapa ff yang berawal dari sebuah lagu, MV, drama korea, tetapi karena pada dasarnya saya sangat suka mengkhayal (?) Jadi daripada khayalan hanya sekedar menjadi khayalan, mungkin lebih baik untuk di tulis dalam sebuah cerita, tidak jarang juga saya memiliki ide penulisan ff melalui pengalaman pribadi walau tidak 100%.’

Q : Bagaimana menentukan judul FF yang dapat menarik pembaca?

minarifini : ‘biasanya buat judulnya terakhir hehehe, nulis ceritanya dulu baru dibaca ulang dikit , trus baru kita bisa menentukan judul yg bisa mencakup isi ceritanya^^. Judul juga g harus pakai bahasa asing ^^ asal pas sama ceritanya.’

ts_sora : ‘Judul. Nah ini sebenarnya masalah hampir semua author. Bahkan kadang beberapa author terkenal pun bilang kesusahan buat judul #soktaubangetgua-_-v hahah kalau aku sih, terkadang tergantung sama idenya. Kalau galau dan dari mv, kalau inspirasi gitu ya lebih baik judulnya sama aja. Atau lagu mungkin, terkdang kebanyakan judul juga berasal dari judul lagu. Takutnya nih kalau gaya pakai bahasa inggris buat judul ff kita, takutnya absurd gitu-_- hahah. Jadi ya, lebih ke basic sih. Yang simpel tapi berkesan.’

vizkylee : ‘Tidak mempunyai ketentuan khusus, biasanya judul muncul sebelum cerita ditulis atau pada saat pertengahan cerita. Jika dirasa judul dan isi cerita sama maka ketertarikan pembaca akan meningkatkan sendiri.’

SandraChoii : ‘Dalam penulisan judul sejauh ini saya sendiri belum pernah benar-benar puas dengan judul dalam tulisan saya, kendalanya karena memang pada dasarnya saya selalu mengalami kesulitan dalam hal itu, lalu bagaimana mungkin saya bisa menentukan judul yang menarik? Apakah ada saran untuk saya bagaimana cara menulis judul yang menarik? Hahaha’

Q : Apa yang dilakukan ketika ide tiba-tiba hilang ditengah2 penulisan FF?

minarifini : ‘ide hilang sering terjadi hahahah awalnya semangat nulis eh tengah2nya stuck wkwkk nah kalau aku pribadi aku berhenti nulis u.u cari inspirasi lagi. Kayak nontn tv, film, mv atau jalan2 wkkwkw tp pas ada ide lagi biasanya aku nulis di note ya g panjang2 sih cuma kayak ploting atau krangka ceritanya hehhe. Terus ngumpulkan mood pas moodnya bagus baru lanjut lagi ^^’

ts_sora : ‘Gimana kalau ide tiba2 hilang? Nah ini sumpah jadi masalah banget. Haha. Karena sering sih kayak gitu. Beberapa author juga gitu. Tapi tenang, kalau emang harus membuat sebuah fanfiction yang lagi dikerjain gitu, pikir lagi darimana ide itu diambil. Misalnya lagu, mv, film, drakor, atau gambar dsb. Kalau sudah ingat langsung tulis. Kalau masih mampet, lebih baik cari inspirasi. Mungkin dari baca2 ff lain, novel, atau yang lainnya. Inspirasi banyak kok. Tinggal melamunnya kurang banyak._.v hehe.’

vizkylee : ‘Memberhentikan penulisan FF lalu melihat MV atau Drama yang menjadi cerita FF’

SandraChoii : ‘Biasanya hal yang akan saya lakukan  ketika ide tiba-tiba hilang saat penulisan ff yaitu membaca ulang apa yang sudah saya tulis, hal itu memang sedikit membuang waktu tapi setidaknya dapat membantu mengingat ide yang sempat hilang, atau biasanya saya akan membuat ide baru untuk melanjutkan penulisan yang sesuai dengan ide lama, dalam artian masih dapat menyatu dengan cerita sebelumnya.’

Q : Bagaimana membuat konflik dalam FF yang pas?

minarifini : ‘untuk mencari konflik biasanya dari pengalaman pribadi hahahahah atau g curhatan temen, kayak misal temen kita d selingkuhin sama pacarnya nah dia cara menghadapinya gmana? Atau g punya masalah sama siapa gitu gmna dia menghadapinya itu kalo kita bisa mengemasnya dalam cerita itu bisa bagus hehehh ^^ bisa jd konflik ringan dan pas.’

ts_sora : ‘Konflik yang pas? Sekali lagi, sesuaikan cerita dengan genre yang akan kamu bawakan juga tema yang telah ditentukan. Menurut aku, konflik itu inti cerita sih. Jadi kadang aku harus memikirkan konflik dan endingnya dahulu baru prolog, isi cerita, dan lain-lain. Jadi kalo blm kepikiran konflik dari inspirasi atau ide pertama buat, agak susah untuk ngerjainnya dan yakin bakal absurd ceritanya. Karena aku juga sering kyk gitu dan berakhir di recycle bin :””’)))’

vizkylee : ‘Mungkin yang sudah pernah membaca FF aku pasti sudah tau, aku kurang menggunakan konflik . Jadi kurang mengerti bagaimana konflik yang pas.’

SandraChoii : ‘Membuat konflik dalam ff yang pas? Hahaha ini sulit sekali, konflik ff saya masih tergolong ringan mungkin. Tapi biasanya dari fanfic saya sedikit banyak konflik yg mengecoh pembaca, membuat pembaca menerka jalan cerita ke arah A tetapi pada akhirnya konflik terkecoh ke arah B, beberapa di antaranya dalam fanfic saya “Last Memories” , “Can you hear me?” Ada beberapa konflik yang sengaja saya buat berlanjut dan saling berhubunga satu sama lain antara konflik orang pertama, kedua dan ketiga, salah satunya dalam fanfic “Cheesy love tales” beserta squel-nya.’

Q : Siapa author inspiratif kalian? Dan mengapa menyukai author tersebut?

minarifini : ‘author inspiratif banyak sebenernya hahah ada huntress uni, sundaysundaes, toukens, fan-atic, dbskgirl4ever hahah namanya asing(tapi bukan berarti penulis dalam g bagus bukan xD penulis ff di indo ada yg bags heheh ada yg keren juga kok)  ^^ soalnya awalmbaca ff ya ff2nya mereka xD mereka punya gaya nulis keren menurutku. Dari segi cerita itu bgs bgt hahahah sampai baper kalo baca dan sampai pada akhirnya mereka2 itu yg ngebuat q pgn coba nulis2 heheheh kalau pgn baca ffnya mereka bisa coba aja di asianfanfiction ^^’

ts_sora : ‘Pada nyatanya saya lebih ke arah obyektif daripada subyektif hehe. Banyak cerita yang saya baca sampai detik ini mungkin sekarang ratusan , ribuan, jutaan? #lebay-_- jadi saya hanya ingat judulnya atau isi cerita bukan nama authornya. Mian :”) tapi ada beberapa yang aku suka. Dee. Tau kan? Dia yang tulis supernova. Lucunya saya belum baca keseluruhan series nya :’) doakan kebeli next month hahaha. Dia membawakan science fiction, romance indonesia yang keren serius! Mnrt aku blm ada yang bisa kalahin ide brilian beliau. Pembawaan cerita juga bahasanya luar biasa sastranya.’

vizkylee : ‘Author yang menginspirasi dalam menulis yaitu sepupu aku dia yang memperkenalkan FF pertama kali dan setelah membaca FFnya aku langsung membuat FFku sendiri. Selain itu ada beberapa author yang menjadi inspirasi untuk giat menulis yaitu jess jessica(abel jessica) , mounalizza, shanthyagatha mereka penulis yang karyanya sangat aku sukai dan sebagai inspirasi juga beberapa cerita mereka.’

SandraChoii : ‘Author inspiratif sebenarnya saya tidak memiliki author inspiratif khusus, lebih tepatnya saya terinspirasi oleh banyak sekali author yang bahkan saya tidak mengingat namanya, dalam beberapa blog fanfic yang menurut saya menarik akan saya baca dan di jadikan insprasi, bahkan beberapa penulis cerita (diluar fanfic) yang sangat menginspirasi, tetapi memang saya tidak suka menghafal namanya(?) T-T’

Q : Menurut kamu, genre apa yang paling susah yang pernah atau belum pernah kamu pakai? Dan kesusahannya dimana?

minarifini : ‘klo aku mash baru di dunia ff hahah jd banyak genre yg blm q coba, kayak horor, action , fantasy,  comedy yanh bener2 lucu, crack ff hahah klo ff biasanya q suka buat ff fluff, romcom, drama kkk lagi belajar angsty. Setiap genre punya kesulitan masing2 mungkin kesulitannya karena kita kurang membaca ff genre tsb heheheh dan idenya itu susah juga hahah.’

ts_sora : ‘Genre yang paling susah? Action. Haha serius pernah bawain dan ga srek sama isinya. Haha. Karena pada dasarnya yg sering dibawain cuma romance dan friendship jadi agak susah buat yang lain. Tertantang bikin horror, atau thriller, cuman takut hantu sama suka ngeri sendiri bayangin-_- science fiction juga susah, blm dapat titisan dari kak Dee :p kadang ngerasa ga bakat untuk beberapa genre.’

vizkylee : ‘Belum pernah menulis Fluff , angst , fantasy dan action ingin sekali mencoba genre tersebut , genre yang sudah pernah dicoba NC tetapi masih susah dalam menyampaikan cerita NC (masih kaku) dan seni cerita dewasanya kurang . Pokoknya susah membuat NC yang benar-benar mengandung seni bukan semata menceritakan hal-hal erotis saja.’

SandraChoii : ‘Genre yang paling susah dan bahkan belum pernah saya tulis sama sekali adalah NC (?) Hahaha, banyak yang mengatakan “Anda tidak bisa menulis NC di usia ini? Bahkan anak SMP dapat melakukannya?” Tidak.. bukan ingin di katakan sok suci T.T menulis NC itu susah, bagaimana cara mendapat feel yang tepat, setidaknya sedikit banyak harus membayangkan bagaimana ketika bias dalam cerita NC? Saya bukan tidak pernah/bisa membayangkan, hanya saja saya tidak dapat menuliskannya dengan bahasa yang baik.’

Q : Untuk pemakaian cast, lebih suka pemakaian otp (couple idolxidol) atau OCxidol? Dan kenapa?

minarifini : ‘tergantung mood hahaha tp skrng q lebih suka sama otp hahaha idolxidol hahah soalnya pas buat poster otp lebih mudah hahahah’

ts_sora : ‘Kalau pemakaian cast, tergantung cerita sih. Untuk beberapa hal, terkadang seorang idol pantas memerankan karakter yang kita buat. Untuk couple, kardna saya sendiri cuman tau yoona-siwon couple dan suzy-sehun couple #thanksbuatminarifini:p Jadi, jarang pakai otp. Takutnya otp absurd gitu atau ga pantes atau takutnya ada haters di otp yang dibuat jadi saya lebih milih OCxidol :D’

vizkylee : ‘Lebih suka OcXIdol karena lebih leluasa dalam mengeksplorasi ide ketimbang idolxidol , walaupun pernah juga menulis IdolXIdol namun hanya sebagai pemeran sampingan saja selebihnya menggunakan OC.’

SandraChoii : ‘Untuk pemakaian cast, saya lebih suka OCxIdol, alasannya sedikit mendasar, kadang beberapa pembaca sedikit tidak suka bias mereka di couple dengan idol lain(?) Hal yang tidak masuk akal tapi saya cukup menghargai, dengan menggunakan OC. Setidaknya sedikit banyak pembaca dapat merasakan bagaimana jika dirinyalah yang ada di dalam cerita, penulisan cerita dengan OC juga sedikit lebih leluasa karena tidak harus menggabungkan karakter idol satu dengan yg lain, sehingga dapat menentukan karakter OC sesuai keinginan penulis.’

Q : Menurut kamu lebih baik panjang atau pendek cerita terencanakan atau secara spontan?

minarifini : ‘kebanyakan spontan, tp lebih bagus ada kerangkanya atau udah d rencanakan hahah. Nah ini skrng aku lagi mencoba nulis ff yg udah ada ploting/kerangkanya jd enak tinggal nulis saja dan cerita lebih terarah ^^.’

ts_sora : ‘Panjang atau pendeknya cerita menurut aku spontan. Karena apa, kadang yang terencanakan aja ga sesuai sama yang telah direncanakan. Kalau drabble atau vignette sudah pasti pendek. Cuman kalau yang lain, kadang bisa makin bejibun kalau diniatin. Tapi yang pasti jangan melebar kemana2 kalau niatnya satu arah (castnya satu atau dua). Namun sekali lagi, ide itu gada batasnya. Yang penting sudah ada konflik pasti dan ending pasti bakal gampang bikinnya :)’

vizkylee : ‘Untuk yang satu ini bergantung mood kadang dapat ide secara sepontan tetapi cerita yang dihasilkan lebih banyak pendek ketimbang panjang. Jika terencana biasanya bisa panjang dan bisa pendek cerita yang dihasilkan bergantung ide yang ada.’

SandraChoii : ‘Panjang pendek cerita terencana itu tergantung mood dan suasana hati, ketika ada sebuah ide fanfic spontan saya lebih suka segera menulisnya langsung sebelum ide tersebut hilang. Terlebih saya juga tidak terlalu suka menulis fanfic berchapter, sebuah fanfic yang terlalu banyak chapter kadang menurut saya melelahkan juga tak jarang ide tiba-tiba hilang di tengah jalan, saya lebih suka pada fanfic oneshoot lalu kemudian jika di rasa kurang dapat di tambah squel. Ketika cerita di rencanakan dalam waktu yang lama mungkin lebih banyak persiapan, jalan cerita dapat di susun lebih rapi dan lebih matang tentunya.’

Q : Menurut kamu untuk selama ini, apa kesusahan dalam membuat fanfiction?

minarifini: ‘ide dan waktu hahaha. Idenya biasanya ilang, mampet dll xD Waktu , makin k sini waktu nulis ff jd makin dikit u.u dan sialnya aku g bisa ngatur waktuku jd banyak ff yg blm selesai. Hehehhe’

ts_sora : ‘Kesusahannya? Hahaha. Banyak. Tapi yang paling susah adalah dimana kamu harus membawakan cerita yang membuat pembaca terkesan. Entah itu dari bagaimana kamu membawakan cerita, bahasa kamu dll. Misal, saat membawakan angst, hal yang paling aku usahakan adalah membuat pembaca terbawa suasana karakter yang aku bkin. Pengennya sih bikin mereka ikut nangis saat cast sedih, dan ketawa saat cast senang. Itu susah serius.’

vizkylee : ‘Mengalami kesusahan jika tiba2 ide hilang ditengah jalan , mood menulis yang tiba2 hilang juga membuat kesusahan dalam menulis FF.’

SandraChoii : ‘ Kesusahan membuat fanfiction sejauh ini sudah mulai banyak fanfic dengan jalan cerita sejenis, ide yang sudah sering ada. Jadi setidaknya bagaimana mengolah kalimat serta jalan cerita itu menarik, menciptakan feel yang tidak membosankan itu benar-benar kadang membuat saya menguras otak dan tidak jarang hal itu juga gagal.’

Q : Menurut kalian, menulis fanfiction adalah hobi atau profesi? Ada rencana untuk benar-benar menjadi penulis ke depannya?

minarifini : ‘hobi hehhehe klo mau dibup bukan ff hahaha soalnya ff klo di publikasi dan di perjual belikan itu blm layak menurutku kkkk tapi kalo untuk di baca/dibuat saja ya tidak apa2 ^^’

ts_sora : ‘The last question, finally! Hahaha. Sebelum membuat fanfiction sendiri, uda suka banget nulis. Entah diary, cerpen, puisi dan nyatet pelajaran #inimahkewajiban-_- hahaha. Karena saya suka melamun dan berkhayal ga ketulungan, jadi lebih baik saya tuangkan dalam bentuk tulisan. Karena kalo gambar, saya mah bego :”’) jadi nulis uda jadi hobi sih. Kedepannya? Cita-cita saya penulis sih meski tersesat di fakultas ekonomi T.T haha tapi namanya cita-cita ya, kalo diniatin bismilah, pasti bisa. Haha #curhat.’

vizkylee : ‘Hobi , jika memang tulisan kita bagus dan mendapat tanggapan sehingga menghasilkan pendapatan apa salahnya digunakan sebagai profesi. Pasti ingin walaupun hanya hobi belaka , keinginan agar karya kita dibaca orang lain pasti ada. Jika ada kesempatan kenapa tidak merencanakan sebagai penulis sungguhan.’

SandraChoii : ‘Fanfiction itu adalah hobi, menulis dapat menghilangakan stres, menceritakan apa yang kita pikirkan kepada orang lain, saya tidak ingin menulis menjadi profesi karena profesi adalah tuntutan, sedangkan saya menulis hanya ketika dalam kondisi mood yang baik, juga ketika tiba-tiba memiliki sebuah ide yang dapat di tuangkan dalam tulisan. Rencana menjadi penulis? Mungkin ada untuk mengisi waktu luang, tetapi sekali lagi untuk berencana menjadi penulis saya rasa masih harus banyak sekali belajar’

       Itu tadi sesi interview yang absurd banget XD. Bukan berniat apa-apa, sekali lagi kami ini cara kami untuk bersenang-senang dan mungkin bisa menjadi solusi untuk para readers ataupun author yang lain. Jika kalian memiliki hal yang perlu ditanyakan, kalian bisa mampir ke twitter kami ataupun mengisi form komen di bawah ^^. Thankies!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s